Gue mulai semangat berorganisasi saat
masuk SMA. Di Sekolah gue yang sekarang, gue tergabung dalam Organisasi Siswa
Intra Sekolah sebagai salah satu pengurusnya. Jujur aja, dari dulu gue pengen
banget masuk OSIS. Dulu, waktu gue masih kecil dan Kakak Adit, kakak gue yang
paling besar baru masuk SMA, dia sering bilang:
“in, liat deh di seragam kakak ada
lambang OSISnya! Kakak OSIS loh! Ain tau nggak apa itu OSIS? OSIS itu keren
loh!”
Ngeliat dia begitu semangat pas
cerita sambil mamerin seragam putih-abu barunya, gue jadi pengen banget masuk
OSIS. Padahal waktu itu gue ga ngerti apa itu OSIS. Dan gue juga gatau kalau
ternyata di semua seragam SMA emang ada lambang OSISnya. -_-
“kakak OSIS loh!”
Iya OSIS, tapi bukan pengurusnya :’)
Di sekolah gue, keanggotaan pengurus
OSIS dibagi jadi DH (dewan harian, yang isinya ketua, sekretaris,bendahara) dan
10 sekretaris bidang (sekbid) yang masing masing bertugas membawahi
ekskul-ekskul yang berhubungan dengan bidang yang dibawahi ada di sekolah itu.
Dan gue masuk sebagai anggota OSIS sekbid 10. The last, but not least.
Buat masuk OSIS, pastinya ga gampang.
Ga tinggal daftarin formulir, terus masuk gitu aja. Kita harus ikut UKPO (Uji
Kelayakan Pengurus Osis) dulu. Ga semua orang juga bisa dapet formulirnya. Tapi
beruntungnya, gue dapet dari ekskul gue, Seikuro.
Pas ngisi formulir, ada tulisan:
JABATAN YANG DIINGINKAN
Gue bingung.. Gue gatau apa-apa
tentang OSIS, lagian OSIS di sekolah gue ini beda banget sama OSIS di SMP gue
yang di *ehm* Bali. Seinget gue, OSIS di SMP gue itu ada seksi
kemasyarakatannya, gitu deh. Agak lupa juga, tapi yang pasti gaada
sekbid-sekbid-an gini. Nah gue yang baru banget pindah ke Bogor, mana ngerti
ama beginian. Untung ada Kak Mia yang rela ngejelasin sekbid-sekbid itu dari 1
sampe 10. Baik banget kan? Iya baik banget.. (kak, udah dipuji nih ya... Pinjem
catetan kimia ya..) *eh
karena gue suka sama seni, terutama
seni lukis, gue nulis pengen masuk ke sekbid 8, yang kata Kak Mia mengurus
tentang kesenian. Sebenernya bukan ‘terutama seni lukis’ sih.. justru gue
gabisa apa apa selain seni lukis -_-v
Pas UKPO, peserta UKPOnya disuruh
gabung ke sekbid yang diinginkan masing masing buat dikasi tau tentang
proker-prokernya gitu..
“jadi ntar kita bakal ngadain pekan
kesenian gitu, bakal ada yang drama, nyanyi, main musik, dan lain lain.. terus
nanti kita harus berusaha aktifin lagi ekskul alat musik tradisional, terus
kita nanti.....” Gue gabisa dengerin lagi omongan kakak-kakak OSIS karena
kebanyakan mikir..
Ini mana gambarnya...
“emm, teh, ini kenapa semuanya seni
yang ditampilkan semua ya teh? Ini kan tentang kesenian, kenapa gaada yang nampilin gambar atau seni lukis gitu teh?”
“.......emm.. Kayaknya kamu salah
sekbid deh. di sini emang gitu.. kalo yang gambar gambar gitu kayaknya masuk ke
sekbid 6 deh. Ilustrasi buat Kirana (majalah sekolah) gitu”
“....”
Gue. Salah. Sekbid.
Setelah ijin pindah, akhirnya gue
jalan sambil terhuyung-huyung pindah ke sekbid 6. Dan dengan awkwardnya gue duduk
pelan pelan disitu, berharap gue mendadak invisible dan gaada yang sadar gue
disitu.
“emm.. ada apa,ya? Kok tiba tiba
kesini?” Doa gue ga terkabul.
“saya tadi salah sekbid. He-he.” Gue
harap bumi langsung nelen gue sekarang juga.
--
Udahlah pas daftar sekbid 8, salah
sekbid... mutusin buat pindah ke sekbid 6, tau tau keterimanya di sekbid 10
yang ngurusin tentang Bahasa Inggris.
(Ya Allah, apa hamba ga cukup nyasar ke Gang Masjid, sampe harus nyasar sekbid juga? :(( )
Kalo dipikir-pikir, agak ga masuk akal
juga kalo gue dimasukin ke sekbid yang berhubungan sama Bahasa Inggris..
soalnya....... *flashback*
Waktu SD gue benci banget sama
pelajaran bahasa inggris. Gimana engga? Gue yang tadinya sekolah di SD yang
asalkan ngerti Yes-No-Yes-No aja nilai bahasa inggrisnya bisa 10, pas pindah ke
Bali gue harus sekolah di sekolah yang hampir semua gurunya bule semua.
Tiap gurunya ngejelasin, gue cuma
bisa pasang tampang sok mikir aja biar ga ditunjuk buat ngerjain soal di papan.
Kalo lagi ga hoki dan gue ketunjuk, gue cuma bisa senyum pasang tampang kalem. Saking
‘kalem’nya gue sampe dicap polite dan jadi Student of the Month, penghargaan bulanan murid teladan.
![]() | |||
"For being a polite, dilligent student" HUAHAHA! |
Walaupun kemampuan bahasa inggris gue
yang teramat sangat super duper ultra mega kurang, gue masih bisa mempertahan
nilai gue. Buktinya gue masih sering dapet nilai 10....dari nilai maksimal 25.
Okay, nilai gue gak diragukan lagi
sangat mengenaskan. dapet 18 yang itungannya masih C aja rasanya udah
Alhamdulillah banget. Karena keterbatasan gue ini, gue mulai mikirin gimana
caranya memperbaiki nilai gue. GUE HARUS RAJIN! Kalo gabisa menang di otak, gue
bakal menang pake sikap! #eaaaa
Tapi motivasi gue kali ini juga gak
bertahan lama. Ga jarang juga gue ketangkep basah lagi ketiduran di kelas
soalnya gue ga ngerti sama sekali gurunya ngomong apaan. Udah gitu pelajaran
bahasa inggrisnya buanyak bangeeettt.. Ada english text, english spelling,
english language, english math, english science, dictation, recitation.. Kayaknya
satu mata pelajaran aja gue udah menderita, kenapa pelajaran bahasa inggris aja
jadi banyak gini, huft.. *pasang muka kecewa sok imut*
Gue paling suka pelajaran english
text, soalnya itu kayak bagian reading kalo di soal UN, kita dikasi wacana,
terus ada pertanyaan berdasarkan text tersebut. Kenapa gue sukaa? Karena buat
ngejawab pertanyaannya, gue gaperlu ngerti artinya. Tinggal nyari kata kata
yang mirip sama yang di soalnya aja.. terus gue tulis the whole paragraph yang
ada kalimat soal itu. Pasti gurunya bakal ngira gue anak rajin karena nulis
panjang-panjang, dan gue bakal dapet nilai 25! Padahal gue nulis
panjang-panjang soalnya gue gatau harus berhenti dimana nulisnya karena gatau
arti bacaannya. Yaudah gue bablasin aja sampe selesai satu paragraf :’) *sesat*
Dan pelajaran yang paling gue ga suka
adalah..... *jeng jeng jeng jeenggg*
English spelling.
Dulu pas baru masuk kelas, sebagai
pembukaan, guru pelajaran ini ngadain tes kecil kecilan. Guru nya nyebutin kata,
dan murid murid harus nge’spell’ kata tersebut di atas kertas.
“elephant.”
“ini ngespellnya gimana coba. Susah amat
kalo musti diginiin... yaudahlah.. *nulis* i-el-i-pi-ech-ei-en-ti.”
Pas dikoreksi, temen sebangku gue
ketawa. Gue bingung.
“ngespell nya gausah gitu, kamu tulis
aja katanya, gausah pake di pisahin satu satu gitu..”
“oh gitu.. pantesan.. gampang dong
kalo gitu! Okedeh!”
Karena teman sebangku gue itu, gue makin
percaya diri. Abis itu dites lagi. Dengan segenap kepercayaan diri gue, gue salah
semua.
![]() |
i would love to taste croissant from friends. *france. |
Dari sekolah ini, gue belajar satu hal. Walaupun ga perlu di'spell', nulis bahasa inggris tetep aja susah.
--
Nah, karena itu gue agak syok gue
dimasukin ke sekbid 10.. semoga setelah baca ini, koor gue, Teh Maya ga mecat
gue dari sekbid 10 :’)
Oiya, btw, kenalin.. adek gue, calon
sekbid 10 :)
![]() |
(translate: Today is my birthday, only 5 more days, 4, 3, 2,1) |
Adek kakak emang harus kompak!
ahahha.., perasaan ama ketua seikuro juga disuruhnya ke sekbid 6 deh.., tapi wakilnya pada nyasar semua... -- tapi in the end jadi nyambungkan.., karna ngewakilin seikuro di osis.. :p
BalasHapusMending gue disuruh sama ketua seikuro... Lah kamu ketuanya sendiri, malah masuknya sekbid 1 :)))
Hapus